Mind Your Language! 3 Metode Menghindari Kata Kasar

kita pasti tau kalo ngomong kasar atau menggunjing atau swearing atau cursing itu gampang banget jadi kebiasaan, tapi susah banget buat ngilanginnya. Frankly, aku juga gitu kok, sering banget ga nyadar make kata kata kasar dan melukai hati orang lain So from now on kalau kalian serius buat ngebersihin itu bahasa, itu bisa dilakuin, tapi ga semudah gitu aja bro. 
Oke, langsung aja ya..

How to Avoid Saying Bad Words

Method 1 : Nyadar Diri & Buat Planning

 Nyadar Diri Kenapa Kamu Mau Berhenti
 
 Memakai kata kasar itu punya reflek yang ngerugiin ke orang orang yang kena bahasa kamu. Orang yang make kata kasar itu dianggep ga punya moral, ga berpendidikan, ga dewasa, dan sebagainya. Di internet aja kalau kamu make kata kasar bisa di banned di beberapa social networking, termasuk Kaskus And additionally, kalau kamu make kata kasar secara langsung ke orang lain, kamu bisa dilihat sebagai bully dan bahkan 'preman' swearing di dunia kerja bisa bikin kamu dipecat, jadi ada banyak alesan buat kamu buat mengontrol kata kata. Take a few moment buat renungin kenapa kamu mau berhenti cursing people, dan membuat bahasa kamu under control buat ngeimprove hubungan kamu dengan orang lain dan your "Public Image"

  Nyadar Waktu Kamu Make Kata Kasar
 

Cari yang bikin kamu kepicu make bahasa kasar. Ambil note & pen, habisin seminggu buat nyatet kata-kata kasar yang kamu sering pake, kapan & dimana kamu sering nge-curse, apa yang buat kamu kepicu, whether di lalu lintas, atau waktu ngantri, atau waktu stress dan marah. Catet kata kata dan situasinya dalam seminggu itu, cara gini bakal ngebantu kamu buat lebih aware sama sikap kamu, yang merupakan langkah pertama memperbaiki sikap kamu .


 

Cari Bantuan (Optional)
 
Kalau emang mau ya, beri tau orang yang kamu percaya, like teman, keluarga, dsb buat ngebantu kamu berhenti pakai kata kasar. Kalau kamu pake cara ini, jangan marah dikritik kalau emang ga suka dikritik ya jangan pake cara ini...


 Cari Cara yang Pas dengan Kamu

Di akhir akhir your observation week, luangin tuh sejam buat baca lagi note yang udah kamu tulis, udah gitu, kalau memang masih kurang, cari cara buat ngurangin bad habit kamu itu. 

contohnya gini : Daripada bilang "Anj*ng, tugas Pak **** banyak amet dah!" 
mending bilang "Aduh, pusing gue sama tugas Pak **** nih, banyak banget!". 
Bisa diliat kan lebih powerful mana buat dapetin feeling dan pikiran yang lebih baik dibanding pake kata kasar?      
Kamu juga bisa mengganti kata kata kasar kamu dengan kata yang lebih normal, kek dari anj*ng, B*bi, M*nyet, jadi aduh, yah, sial.



Method 2 : Mulai dari Membuat Hal Kecil


 Start Small
 
Mulai rubah sikap kamu! tapi mulai dari hal kecil. Ngelakuin hal hal kecil itu cara terbaik buat membuat new habit, kayak misalkan kamu ga bakal lagi nge-curse waktu mengemudi, atau di depan keponakan kamu. Cukup satu situasi aja, and habiskan seminggu pertama ngelakuin situasi yang kamu pilih tersebut

 

Hukum Diri Kamu
Buat tuh yang namanya "Swear Jar". Buat apa? jadi tiap kali kamu nge-curse kamu taro tuh ceban a.k.a Rp 10.000,- di dalemnya, kenapa ceban? biar kamu ga rela kehilangan itu duit atau kalau mau lebih kerasa, ceban kamu tuh kamu sumbangin ke mesjid terdekat, atau donate apa kek bisa juga kalau kamu mau kau lari sekilo biar mantep deh =))


 
 Reward Yourself
 Biar semangat kamu itu ga luntur, tiap kamu berhasil ngelakuin cara yang kamu jadikan komitmen dalam seminggu itu, kamu kasih reward diri kamu itu, macam malam minggu, nonton, beli buku, dsb.
 Method 3 : Terus Kasih Tantangan dan Berlatih
 Tantang Lebih!
Setelah kamu berhasil ngebersihin tuh bahasa kamu di situasi yang udah kamu tentuin sebelumnya, tambah lagi situasi baru per minggunya! kek contohnya "aku ga bakal ngucapin kata kasar sebelum jam 10 malem" atau "aku ga bakal ngucapin kata kasar pas bawa mobil". Pilih situasi dan waktu yang kamu tau kamu bisa melakukannya, terus kamu tantang lagi lebih besar dari situ, week by week 
 Belajar Bersabar

Dimana-mana kunci buat sukses itu ya sabar, ya memang sih susah buat sabar tapi lama kelamaan bad habit kamu itu bakal ilang sendirinya. Self improvement is always difficult but worth the effort. Terus konsisten dan aku yakin kamu semua bisa ngilangin tuh cursing.
 SELAMAT MENCOBA!!
SHARE

Khusairi Abdy

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment

0 komentar:

Post a Comment